10 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Teh Hijau adalah salah satu minuman yang mempunyai banyak khasiat.

Kandungan antioksidan dan nutrisi didalamnya memiliki efek yang sangat baik untuk tubuh.

manfaat teh hijau
Teh hijau memiliki beragam manfaat untuk kesehatan

Diantara manfaat Teh hijau yaitu dapat meningkatkan fungsi otak, sebagai penghancur lemak, mengurangi resiko penyakit kanker, Selain itu teh hijau masih memiliki banyak lagi manfaat yang luar biasa untuk tubuh.

Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari teh hijau:

1. Teh hijau mampu menurunkan Risiko Diabetes Tipe II

Diabetes tipe II merupakan tipe diabetes yang paling banyak terjadi, hampir seluruh kasus diabetes yang diderita seseorang ialah diabetes tipe II.

Penyakit ini terjadi karena jumlah insulin yang dihasilkan tidak mencukupi kebutuhan tubuh atau kerena sel-sel tubuh tidak merespon insulin sebagaimana mestinya (resistensi insulin).

Teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah dalam tubuh, hal tersebut mejadikan tubuh tercukupi asupan insulin dan terhindar dari diabetes tipe II.

Satu studi di Jepang menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau secara rutin dan teratur memiliki risiko 42% lebih rendah terkena diabetes tipe II.

2. Kandungan dalam teh hijau dapat Meningkatkan Fungsi Otak dan Membuat Anda Lebih Cerdas

Teh hijau bukan hanya dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh anda saja, namun teh hijau juga terbukti dapat meningkatkan kecerdasan Otak.

Bahan aktif utama dalam teh hijau adalah kafein, yang dikenal sebagai stimulan.

Kandungan kafein dalam teh hijau Tidak sebanyak kopi, sehingga kandungan kafein dalam teh tidak menyebabkan efek “gelisah” yang biasanya terjadi karna terlalu banyak kafein.

Kafein terbukti sangat baik dalam membantu berbagai perbaikan fungsi otak, termasuk membuat hati nyaman, meningkatkan kewaspadaan, dan mempertajam memori.

Teh hijau juga memiliki kandungan asam amino L-theanine.

Kafein dan L-theanine dapat memiliki efek sinergis, Kombinasi dari dua kandungan ini sangat ampuh untuk meningkatkan fungsi otak.

Banyak orang melaporkan memiliki energi lebih stabil dan menjadi jauh lebih produktif ketika mereka minum teh hijau, dibandingkan dengan kopi.

3. Teh Hijau berfungsi sebagai penghancur lemak dan Meningkatkan Kinerja Fisik

Jika anda mencari daftar suplemen penghancur lemak, maka teh hijau sudah pasti ada dalam urutan daftar tersebut.

Hal ini karena teh hijau telah terbukti meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan tingkat metabolisme.

Dalam satu penelitian di 10 pria sehat, teh hijau meningkatkan energi sebesar 4%.

Studi lain menunjukkan bahwa oksidasi lemak meningkat sebesar 17%, yang menunjukkan bahwa teh hijau dapat selektif meningkatkan pembakaran lemak.

Kandungan kafein dalam teh juga terbukti dapat meningkatkan kinerja fisik seseorang.

Dalam dua studi terpisah, kafein telah terbukti meningkatkan kinerja fisik sekitar 11-12%.

4. Teh hijau dapat menurunkan risiko dari Berbagai Jenis Kanker

Antioksidan dalam teh hijau dapat menurunkan risiko dari Berbagai Jenis Kanker.

Teh hijau merupakan sumber antioksidan yang sangat baik dan kuat, sehingga teh hijau sangat berfungsi untuk mengurangi resiko kanker.

Kanker payudara: Sebuah meta-analisis studi observasional menemukan bahwa wanita yang minum teh yang paling hijau memiliki risiko 22% lebih rendah terkena kanker payudara, kanker yang paling umum pada wanita.

Kanker prostat: yang merupakan kanker yang paling umum pada pria, Satu studi menemukan bahwa orang yang minum teh hijau memiliki risiko 48% lebih rendah terkena kanker prostat.

Kanker kolorektal: Sebuah studi dari 69.710 wanita Cina menemukan bahwa peminum teh hijau memiliki risiko 57% lebih rendah dari kanker kolorektal.

Beberapa studi observasional lain menunjukkan bahwa peminum teh hijau secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk terseramg berbagai jenis penyakit kanker.

Untuk mendapatkan antioksidan yang baik dalam teh hijau maka hindari mengkonsumsi teh hijau berbarengan dengan susu karna hal tersbut dapat merusak kandungan antioksidan dalam teh.

5. Teh Hijau dapat melindungi otak Anda pada usia Tua.

Tidak hanya dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek, teh hijau juga dapat melindungi otak Anda di usia tua.

Beberapa studi menunjukkan catechins di teh hijau dapat menjangkau area otak dan melindungi sel-sel saraf sehingga mengurangi risiko penurunan fungsi otak di usia tua.

6. Teh Hijau Bisa Membunuh Bakteri, dan Meningkatkan Kesehatan Gigi serta Menurunkan Risiko Infeksi

Katekin merupakan salah satu komponen utama dalam teh hijau.

Beberapa studi menunjukkan bahwa katekin dapat membunuh bakteri dan menghambat virus seperti virus influenza, serta menurunkan risiko infeksi.

Streptococcus mutans adalah bakteri berbahaya utama dalam mulut. bakteri tersebut menyebabkan pembentukan plak yang merupakan kontributor utama gigi berlubang dan kerusakan gigi.

Studi menunjukkan bahwa katekin dalam teh hijau bisa menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans. Mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat peningkatan kesehatan gigi dan menurunkan risiko karies gigi, serta mengurangi bau mulut.

7. Teh Hijau Mengandung Senyawa bioaktif yang dapat Meningkatkan Kesehatan tubuh

Teh hijau bukan hanya sekedar cairan berwana hijau, teh hijau mengandung sebagian besar nutrisi penting untuk tubuh.

Kandungan teh hijau sarat dengan polifenol seperti flavonoid dan catechin, yang berfungsi sebagai antioksidan kuat.

Zat ini dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh, melindungi sel-sel dan molekul tubuh dari kerusakan. Radikal bebas ini diketahui berperan dalam penuaan dan segala macam penyakit.

Salah satu senyawa yang lebih kuat dalam teh hijau adalah antioksidan Epigallocatechin gallate (EGCG), yang telah terbukti ampuh mengobati berbagai penyakit.

Teh hijau juga memiliki kandungan mineral penting untuk kesehatan tubuh.

8. Teh Hijau mengurangi resiko Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah, penyakit Kardiovaskular merupakan salah satu penyakit paling memaitkan di dunia .

Sebuah studi dari 40.530 orang dewasa Jepang menemukan bahwa yang mengkonsumsi lima cangkir teh hijau sehari memiliki resiko 26% lebih rendah dari kematian akibat serangan jantung atau stroke dibanding yang hanya mengkonsumsi 1 cangkir teh hijau sehari.

9. Teh Hijau Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan dan menurunkan resiko obesitas

Mengingat bahwa teh hijau dapat meningkatkan tingkat metabolisme dalam jangka pendek, maka sangat memungkinkan hal itu bisa membantu anda menurunkan berat badan.

Kandungan polifenol dalam teh hijau bekerja dengan cara mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan kalori.

Beberapa studi membuktikan teh hijau dapat membakar lemak tubuh, terutama dibagian perut dan lingkar pinggang.

10. Teh hijau membantu Anda untuk hidup lebih lama

Kematian adlah suatu kepastian, Tentu saja, kita semua akan mati akhirnya.

Namun, mengingat bahwa peminum teh hijau berada pada risiko yang lebih rendah dari penyakit jantung , diabetes, alzhaimer, parkinson, dan kanker hal tersebut memungkinkan anda dapat hidup lebih lama.

Sebelum mengkonsumsi teh hijau cobalah untuk memilih merk yang berkualitas baik, karena beberapa merek teh hijau dengan kualitas rendah sebaliknya akan memberikan efek samping yang buruk bagi tubuh kita.

Lalu apakah teh hijau terbaik yang ada di pasaran saat ini ?

Kami sarankan untuk mengkonsumsi jiang zhi tea dari Tiens. Teh hijau ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan seperti menurunkan kolesterol, asam urat, darah tinggi dan membantu menurunkan berat badan.

Khasiat Teh Hijau | Manfaat Teh Hijau

Produk ini juga aman untuk dikonsumsi karena telah mendapatkan sertifikasi BPOM RI dan halal MUI. Untuk informasi lengkap tentang jiang zhi tea silakan buka link berikut ini :

Informasi lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *